Thursday, April 6, 2017

Inilah Penyebab Sakit Pinggang Saat Haid

Haid atau datang bulan merupakan siklus yang selalu terjadi pada wanita. Siklus yang terjadi setiap bulan ini terkadang menimbulkan banyak gangguan pada tubuh, salah satunya adalah gangguan sakit pinggang. Sakit pinggang memang bisa terjadi saat seorang wanita mengalami masa haid. Lalu, apa penyebab sakit pinggang saat haid?

Penyebab Sakit Pinggang Saat Haid


Masa-masa datang bulan memang waktu yang cukup berat bagi wanita. Ketika memasuki masa-masa tersebut, wanita cenderung lebih gampang emosi. Hal itu disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah rasa sakit yang tersebar di segala penjuru tubuh. Bagian tubuh yang biasanya terasa sakit saat masa haid adalah pinggang.

Rasa sakit pada pinggang yang menyiksa pada saat haid memang sungguh mengganggu. Untuk itulah kita harus mengetahui penyebabnya. Jika sudah mengetahui penyebabnya, kita bisa mencari cara untuk mengatasinya. Lalu, apa saja penyebab utama dari sakit pinggang saat masa-masa menstruasi atau datang bulan?

Mari kita kupas lebih mendalam tentang penyebab sakit pinggang saat haid yang selalu terjadi pada wanita, serta cara yang disarankan untuk mengatasinya.

Penyebab Utama adalah Hormon


Penyebab utama dari sakit pinggang yang menyiksa saat haid atau menstruasi adalah perubahan hormone dalam tubuh. Seperti yang diketahui, ketika wanita mengalami masa haid atau menstruasi, terjadi perubahan hormon-hormon. Hormon yang menyebabkan sakit pinggang tersebut disebut dengan hormone prostaglandin. Peningkatan hormon prostaglandin membuat pinggang menjadi terasa sakit. Peningkatan yang signifikan membuat syaraf dan otot dalam tubuh menjadi bekerja lebih keras.

Lebih jauh lagi, rasa nyeri pada bagian pinggang saat haid dapat dikaitkan dengan kontraksi pada rahim. Saat menstruasi, rahim mengalami kontraksi sebelum mengeluarkan darah. Hal tersebut membuat timbul rasa sakit dan nyeri yang teramat sangat.

Cara Penanggulangannya


Tidak obat pasti untuk menyembuhkan rasa sakit pada pinggang saat haid, karena itu merupakan prose salami. Namun, kita bisa melakukan beberapa hal untuk menurunkan rasa sakit tersebut. Cara pertama adalah minum air putih yang banyak. Konsumsi air putih akan memberikan efek yang baik bagi tubuh saat menstruasi. Berbagai macam gejala atau masalah pada saat menstruasi bisa diredakan dengan konsumsi air putih.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan peregangan atau stretching. Dengan melakukan stretching, otot-otot tubuh kita menjadi lebih rileks dan santai. Dengan begitu, rasa sakit pada otot pinggang saat terjadi kontraksi rahim bisa diminimalisir dengan cepat.


Itu tadi beberapa alasan tentang apa penyebab sakit sakit pinggang saat haid serta bagaimana mengatasinya. Rasa sakit pada pinggang saat haid memang sangat menyiksa. Jika tak segera diatasi, rasa sakit itu akan semakin terasa dan emosi menjadi makin tak stabil. Untuk itu, jaga terus kondisi tubuh dan mental Anda saat haid atau menstruasi.

No comments:

Post a Comment